Wednesday, September 2, 2020

Kelompok Monera dan Protista

Momod ads.id
Kelompok Monera dan Protista
a.Monera
Monera merupakan organisme yang memiliki struktur sel sangat sederhana. Satu organisme tersusun oleh satu sel/ber-sel tunggal (uniseluler). Sel penyusunnya tidak mempunyai membran inti (prokariotik), sehingga bahan inti selnya bercampur di dalam sitoplasma. Konsep klasifikasi lima kingdom Robet H. Whittaker menyebutkan bahwa, kelompok organisme yang termasuk dalam Monera adalah bakteri & ganggan hijau biru.
 Monera merupakan organisme yang memiliki struktur sel sangat sederhana Kelompok Monera dan Protista
b.Protista
Protista termasuk organisme yang memiliki stuktur sel eukariotik (memiliki membran inti), namun tidak termasuk hewan, tumbuhan, atau jamur. Anggota protista lebih dari 200.000 species. Terdapat 3 kelompok protista, yakni;

  1. Protozoa (Protista mirip hewan). Protozoa bersifat uniseluler, misal; Amoeba, Paramecium, Tripanosoma, & Plasmodium.
  2. Alga/Ganggang (Protista mirip tumbuhan). Alga/ganggang ada yang bersel satu (uniseluler) & ada yang bersel banyak (multiseluler).
  3. Protista mirip jamur. Struktur membran sel protista ini seperti ganggang, namun tidak berklorofil. Prostista mirip jamur dibedakan menjadi 2 yaitu; Myxomycota (Jamur lendir) & Oomycota (Jamur air).

Demikianlah pembahasan mengenai Kelompok Monera dan Protista, yang pada kesempatan yang baik ini, dapat di bahas. Semoga dengan adanya pembahasan tersebut, wawasan anda akan ilmu pengetahuan bertambah. Cukup sekian dan sampai jumpa.